Widget HTML Atas

MAKALAH DAUN BIDARA


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Bidara adalah sebuah tumbuhan yang banyak sekali bermanfaat bagi umat manusia, bidara termasuk tumbuhan belukar yang mudah tumbuh di tumbuh dimana mana. Tumbuhan bidara juga mempunyai asal usul nya sendiri, daun bidara berasal dari daerah asia timur. Pohon bidara adalah salah satu tanaman yang di sebut di dalam alquran. Di dalam alquran menceritakan bahwa tumbuhan bidara ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi umat manusia. Daun bidara juga mempunyai banyak nama lain, salah satu namanya adalah daun seureuh yang kedua adalah daun cedar yang ketiga daun arabian jujube serta dapat disebut juga zizyphus spina christi.

1.2 Rumusan Masalah

Dalam makalah ini penulis merumuskan beberapa hal yang harus dijelaskan, antara lain :

1.      Untuk apa makalah ini disusun ?

2.      Apa daun bidara itu ?

3.      Bagaimana sejarah dari daun bidara ?

4.      Bagaimana ciri-ciri tanaman bidara ?

5.      Apa manfaat dari daun bidara ?

1.3 Tujuan Penulisan

            Makalah ini ditulis penulis dengan tujuan untuk :

1.      Memenuhi tugas praktikum mata pelajaran TIK.

2.      Mengetahui apa itu daun bidara ?

3.      Untuk mengetahui bagaimana sejarah dari daun bidara.

4.      Untuk mengetahui cirri-ciri daritanaman bidara

5.      untuk mengetahui manfaat dari daun bidara.





BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Daun Bidara

Di daerah daerah lain mungkin juga mempunyai nama yang berbeda beda sesuai dengan penamaan oleh masyarakatnya masing masing. Bidara ini termasuk tumbuhan semak tinggi yang mempunyai tinggi krang lebih 2 meter mempunyai batang yang kecil dan kuat, berkayu keras bagian yang digunakan adalah daun, kayu dan bijinya. Daun bidara atau tanaman bidara ini dikenal dengan nama yang sangat banyak di indonesia, bidara laut, bidara pait, bidara putih bidara gunong bidara mapai dan banyak sekali nama lainya selain yang saya sebutkan.

Pohon bidara di sebutkan di dalam alquran dalam surat al-waqiah tentang kelompok kanan dari penghuni surga berada di bawah pohon bidara yang tak berduri. Pohon bidara juga di sebut di dalam surat saba ketika menggambarkan tentang kisah negeri saba. Ketika zaman dulu orang kafir masuk islam. Demikian adalah asal usul dari pohon bidara, jadi dapat di simpulkan bahwa pohon bidara tellah ada pada zaman nabi Mohamad dan masuk dalam ayat yang ada di alquran.

2.2 Ciri – Ciri Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan pohon yang banyak khasiatnya, dari berbagai pohon yang lain. Pohon bidara juga mempunyai ciri cirinya sendiri, pohon bidara termasuk dalam tanaman toga atau bisa di sebut tanaman obat keluarga. Tanaman bidara ini termasuk jenis tanaman belukar yang mudah hidup di daerah mana saja sebagian besar daerah kering. Berikut ini adalah ciri ciri dari tanaman bidara yaitu:

Daun bidara
Daun bidara berbentuk bulat atau elips dan berukuran kecil , daun bidara mempunyai warna yang hijau pekat atau gelap. Pada pohon bidara yang paling banyak memiliki khasiat adalah daun nya yang mengandung anti biotik dan antioksidan yang tinggi. Pada daun bidara banyak di gunakan untuk pengobatan bahkan juga di gunakan sebagai alat kecantikan, bisa untuk lulur wajah atau lulur kulit yang kering. Daun-daun tunggal terletak berseling, helai daun bundar telur dan memiliki ukuran 2-9 cm x 1,5-5 cm, tepinya rata atau sedikit menggigit, gundul dan mengkilap disisi atas, dan berbulu halus berwarna keputihan di sisi bawahnya, dengan tiga  tulang daun utama yang nampak jelas berjajar, tangkainya mempunyai ukuran pendek 8-15 mm.

Bunga bidara
Pohon bidara mempunyai bunga yang kecil, dan teksturenya yang berbulu, bunga bidara mekar pada bulan juni agustus, pada saat bunga bidara mekar bunga mengeluarkan bau yang wangi. Bunga bidara memiliki warna putih dan kecil. Berbentuk payung menggarpu dan tumbuh di ketiak daun, bunga bidara mempunyai ukuran sekitar 1-2 cm.

Batang bidara
Pohon bidara mempunyai batang yang memiliki duri kecil kecil, dan juga memiliki teksture yang sangat keras. Batang bidara dapat dimanfaatkan sebakai bahan dasar kayu.

Buah bidara
Pada tanaman bidara mempunyai buah yang berbentuk bulat, mempunyai warna yang hijau pekat pada saat masih muda. Buah bidara ini mengalami proses pematangan pada saat bulan oktober desember. Saat buah masak, buah bidara akan mempunyai teksture yang lembek pada bagian dagingnya. dan memiliki rasa yang kecut atau masam. Buah bidara biasanya di perjual belikan sebagai buah buahan.

2.3 Manfaat Daun bidara

Berikut ini informasinya.

1. Menyembuhkan luka dengan cepat

Khasiat daun bidara yang pertama yaitu sebagai daun herbal untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Daun ini akan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka agar cepat pulih sehingga tidak meninmbulkan luka baru.

2. Penghilang depresi

Khasiat daun bidara yang selanjutnya yaitu dapat menghilangkan depresi. Daun ini dapat membuat Anda lebih rileks dan membuat syaraf Anda lebih tenang. Anda pun tidak akan merasakan stress maupun depresi yang berlebihan.

3. Meningkatkan nafsu makan

Khasiat daun bidara untuk tubuh juga bagus dalam menambah nafsu makan. Daun ini sebaiknya digunakan bagi Anda yang sering telat makan dan sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Nafsu makan Anda pun akan meningkat.

4. Anti diabetes

Khasiat daun bidara juga ampuh untuk mencegah diabetes. Bagi Anda yang sudah terjangkit diabetes juga bisa mencoba daun ini sebagai obat alami yang akan menjaga kadar gula dalam darah. Itulah mengapa daun ini disebut sebagai daun anti diabetes.

5. Mencegah bakteri dan virus

Khasiat daun bidara sangat baik untuk menjaga tubuh dan menguatkannya dari serangan bakteri maupun virus. Sebagian besar penyakit yang Anda punya berasal dari virus maupun bakteri yang mengendap di dalam tubuh.

6. Baik untuk lambung

Daun bidara sangat aman untuk lambung, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Daun ini akan meredakan berbagai macam penyakit yang ada di lambung karena tidak berdampak negative terhadap asam lambung.

7. Menyehatkan mulut

Mulut yang tidak sehat ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibir yang pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan manfaat daun bidara. Daun yang satu ini mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam infeksi.

8. Anti kanker dan tumor

Manfaat daun bidara yang penting juga mampu menjadi anti kanker dan tumor. Kedua penyakit tersebut dapat Anda cegah jika Anda memanfaatkan khasiat daun ini. Daun unik ini pun berfungsi sebagai anti oksidan yang alami.

9. Mengatasi haid yang tidak lancar

Khasiat daun bidara yang tidak kalah bagusnya untuk para wanita yaitu dapat mencegah haid yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini mampu membuat hormone Anda seimbang dan melancarkan haid.

10. Mengobati keputihan pada wanita

Manfaat daun bidara untuk wanita baik untuk mencegah keputihan. Daun ini akan menghilangkan jamur yang ada di dalam miss V. Jamur adalah penyebab utama dari munculnya keputihan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Selain 10 manfaat dan khasiat daun bidara untuk kesehatan, ada lagi 20 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

20 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Lainnya:

  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Meningkatkan gairah seksual
  • Mengatasi bisul
  • Obat ambeien
  • Penurun demam
  • Baik untuk tulang
  • Menjaga kesehatan gigi
  • Penurun tekanan darah tinggi
  • Obat insomnia
  • Mengatasi nyeri
  • Menjaga kesehatan usus
  • Obat penyakit kardiova skuler
  • Menyehatkan sel tubuh
  • Obat radang pada kulit
  • Menyuburkan rambut
  • Obat gangguan sihir dan jin
  • Memandikan jenazah
  • Menguatkan rambut
  • Mencegah jerawat
  • Menghilangkan bau darah haid





BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Daun bidara berasal dari tanaman bidara yang cukup dikenal oleh banyak orang. Pohon bidara mudah ditemukan karena biasanya tumbuh secara liar di kebun-kebun. Oleh karenanya biasanya orang juga tidak begitu memperhatikan tanaman yang satu ini dan hanya menganggapnya sebagai salah satu semak belukar saja, oleh karena itu juga banyak orang yang asal menebang tanaman bidara meskipun sebenarnya pohon yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Tanaman bidara umumnya dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter dan memiliki daun yang cukup lebat dan rindang. Keunggulan dari tanaman bidara ini adalah sudah menghasilkan banyak daun walaupun usianya masih sangat muda. Bahkan daun bidara jika dipetik selang beberapa jam kemudian sudah bisa tumbuh lagi. Saat ini banyak orang kembali memperhatikan keberadaan tanaman bidara untuk dijadikan tanaman di taman atau kebun rumah karena ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kehidupan manusia.



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu pengetahuan khususnya “DAUN BIDARA” bagi pembaca.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Perayun, Maret 2018

Reggy ayumi ainun nafshin



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................

DAFTAR ISI.................................................................................................

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................

1.1 Latar Belakang........................................................................................

1.2 Rumusan Masalah...................................................................................

1.3 Tujuan Penulisan....................................................................................

BAB II PEMBAHASAN...............................................................................

2.1 Sejarah Daun Bidara...............................................................................

2.2 Ciri – Ciri Tanaman Bidara.....................................................................

2.3 Manfaat Daun bidara..............................................................................

BAB III PENUTUP.......................................................................................

3.1 Kesimpulan.............................................................................................

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................


loading...
loading...